Senin, 15 Juli 2024
Follow:
Home
IDEA Ingatkan KPU Benahi Aplikasi Sirekap untuk Pilkada 2024
Sabtu, 06/Juli/2024 - 16:45:22 WIB
  Senior Programme Manager of International IDEA, Adhy Aman. (ANT)
 
TERKAIT:
   
 
JAKARTA (KLIKRIAU.COM) - International Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk segera membenahi aplikasi Sirekap sebelum kembali digunakan sebagai ujung tombak penghitungan suara pada Pilkada 2024.

Senior Programme Manager of International IDEA, Adhy Aman, menegaskan bahwa aplikasi Sirekap masih jauh dari memuaskan ketika digunakan pada Pemilu 2024.

 "Mengingat semakin dekatnya Pilkada 2024 dan banyaknya hal yang masih harus dipersiapkan, besar kemungkinan Sirekap belum bisa diterapkan secara optimal pada 2024," ujarnya dalam diskusi publik di Jakarta Pusat, Sabtu (6//7/24).

Adhy memberikan beberapa saran pembenahan yang harus dilakukan KPU terhadap aplikasi Sirekap. Pertama, KPU harus transparan dengan konsep ataupun rancangan aplikasi yang akan digunakan. "Hal tersebut harus dilakukan agar masyarakat tidak curiga dengan aplikasi tersebut," kata Adhy.

Kedua, KPU harus melakukan uji coba aplikasi secara berulang sebelum digunakan dalam penghitungan suara. "Uji coba tidak kalah penting lantaran pada pilkada tahun lalu banyak kesalahan sistem yang dialami Sirekap," tambahnya.

Ketiga, seluruh petugas pemilu di berbagai wilayah harus diberikan pelatihan materi maupun praktik tentang aplikasi tersebut. "Pelatihan harus diberikan kepada petugas jauh sebelum penghitungan suara dilakukan," jelas Adhy.

Terakhir, Adhy menegaskan bahwa jika tiga poin sebelumnya tidak bisa dilakukan, KPU harus mengakui bahwa Sirekap belum siap menjadi alat bantu resmi. "Adanya pengakuan dan kesadaran bahwa Sirekap masih akan belum siap menjadi alat bantu yang resmi, apalagi untuk menggantikan proses manual," kata Adhy.(*)

Sumber : Antaranews.com

 
Berita Terbaru >>
Pj Wako Pekanbaru Dorong Kinerja Damkar dan Sukseskan Pilkada 2024
Mahkamah Agung Umumkan 12 Calon Hakim Ad Hoc Tipikor 2024
Terkait Pembakaran Rumah Wartawan, Eks Ketua AMPI Tanah Karo, Ditahan
PBNU Telusuri Pertemuan Nahdliyin dengan Presiden Israel
Riau Bhayangkara Run 2024 Sukses Digelar, 10.000 Runner Ramaikan Pekanbaru
Kasus DBD di Riau Capai 860, Pekanbaru Tertinggi
SSB Garuda Junior Menangkan Piala Riau Junior League U18
Perayaan HUT TITD Giok Ong Tian Co Pekanbaru Dimeriahkan dengan Berbagai Kegiatan
Ini Pemenang Desain Logo HUT ke-67 Provinsi Riau, Simak Makna dan Filosofinya
Kapolda Riau Ultimatum Bandar Narkoba, Instruksikan Tembak di Tempat
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com